Daftar Pelatih Chelsea Paling Sukses Dan Gagal

Chelsea adalah salah satu raksasa Liga Primer Inggris yang berjaya sejak saham terbesar mereka diambil alih oleh seorang pengusaha kaya raya asal Rusia, Roman Abramovich. Sebelum kedatangan Abramovich, bisa dikatakan The Blues sama sekali tidak bisa bersaing di level atas kompetisi Premier League, terlebih lagi di ajang Liga champions Eropa. Namun, terlepas dari fakta tersebut , fakta lainnya yang tidak dapat dipungkiri adalah kehadiran pelatih yang tepat untuk menangani Tim Utama The Blues.

Ikuti Tren Gonta-Ganti Pelatih

Sebagai salah satu tim kaya raya, mendatangkan pemain bintang bukan satu-satunya kebiasaan Chelsea selama dua dekade terakhir ini, tapi mereka juga punya kebiasaan yang dianggap ‘buruk’ oleh sejumlah pihak, tak lain melakukan pemecatan terhadap pelatih dan menggantinya dengan yang baru. Terhitung sejak tahun 2000 silam sampai sekarang, Chelsea sudah melakukan 14 kali pergantian pelatih. Ketika seorang pelatih gagal memenuhi target atau klub mendapati hasil-hasil yang mengecewakan, 99 persen mereka akan dipecat dari kursi manajer, tak peduli sedang berada di awal musim, pertengahan atau di akhir musim.

Pelatih Chelsea Paling Sukses

daftar pelatih sukses di chelsea

Selama kurang lebih dua dekade terakhir ini, seiring dengan banyaknya pergantian pelatih yang dilakukan The Blues, terhitung hanya ada tiga pelatih Chelsea yang dianggap sukses.

  • Jose Mourinho
Baca juga:   Cara Menang Judi Bola Liga Inggris Sbobet

Pelatih asal Portugal ini menangani Chelsea dalam dua periode berbeda, 2004 sampai 2007 dan antara 2013 sampai 2015. Selama dua periode berbeda tersebut, mantan pelatih sukses FC Porto dan Inter Milan ini berhasil mempersembahkan delapan gelar juara, terasuk diantaranya tiga gelar Liga Primer Inggris dan tiga gelar Piala Liga.

Mourinho bukan hanya seja sebagai pelatih tersukses di Chelsea, dirinya juga menjadi salah satu pelatih dengan penghasilan paling besar. Dengan gajinya yang sengat besar itu membuat Mourinho memiliki gaya hidup luar biasa mewah.

Memiliki koleksi otomotif mewah dan berinvestasi propert mewah di beberapa negara seperti Inggris, Spanyol, Italia dan Dubai telah membuat gaya hidup pelatih bola berkewarganegaraan Portugal tersebut semakin tajir.

  • Carlo Ancelotti

Ancelotti sempat menangani Chelsea, pada periode 2009 sampai 2011, meski terbilang periode tersebut sangat singkat di Stamford Bridge, tapi pelatih asal Italia tersebut berhasil mempersembahkan tiga trofi juara, antara lain satu gelar Premier League, 1 Piala FA dan satu FA Comunnity Shield.

  • Roberto Di Matteo

Yang satu ini adalah pelatih yang kurang beruntung karena hanya menangani Chelsea selama kurang lebih semusim saja. Padahal, selama menangani Chelsea, manajer asal Italia tersebut berhasil mengantarkan The Blues unutk pertama kali menjuarai Liga Champions Eropa di musim 2011/12. Akibat dari serangkaian hasil buruk di paruh pertama musim 2012/13, akhirnya Matteo yang sebelumnya hanya menjabat sebagai manajer interim, akhirnya didepak dari kursi manajer.

Baca juga:   5 Penendang Bebas Terbaik Di Liga Inggris

Pelatih Chelsea Yang Paling Gagal

Daftar pelatih chelsea yang gagal

Dua pelatih berikut ini bisa dikatakan sebagai pelatih Chelsea yang paling gagal selama dua dekade terakhir.

  • Avram Grant

Pelatih asal Israel ini adalah sosok yang dipercaya mengantikan Jose MOurinho pada tahun 2007 silam, sayangnya Grant bisa dikatakan gagal memenuhi target yang dicanangkan klub. Gagal mempersembahkan gelar juara di musim 2007/08, yang bersangkutan didepak dari kursi manajer pada akhir musim.

  • Luis Felipe Scolari

Mantan pelatih Real Madrid dan Tim Nasional Brazil ini, kemudian dipercaya menjadi manajer tim utama Chelsea selanjutnya di musim 2008/09, sayang karena dia gagal mempersembahkan gelar juara dan Chelsea tampil buruk, yang bersangkutan akhirnya didepak sebelum musim berakhir. Tentu saja hal ini sangat mengecewakan bagi Scolari, karena sebelumnya dia punya banyak pengalaman sukses bersama Real Madrid.

Itulah daftar pelatih sukses Chelsea dan yang gagal, sedangkan saat ini raksasa Liga Primer Inggris tersebut kembali ditangani pelatih asal Italia, Maurizio Sarri, yang menggantikan antonio Conte pada kampanye musim sebelumnya.