Deretan Rekor Yang Terjadi Pada Liga Champions Eropa

Liga Champions Eropa , tak terpugkiri lagi merupakan salah satu kompetisi sepakbola paling elit saat ini, bahkan banyak yang menilai kompetisi yang berlangsung sekali dalam semusim ini adalah turnamen terpopuler kedua setelah Piala Dunia. Pasalnya, kompetisi tersebut mempertemukan sejumah klub raksasa Eropa, yang menjadi juara atau finish di zona teratas pada klasemen akhir musim liga masing-masing.

Meski Sulit, Beberapa Klub dan Pemain Sukses

Kompetisi yang berlangsung sekali dalam semusim ini adalah kompeitsi yang sulit, sangat wajar jika sebuah klub atau pemain sepakbola sulit menaklukan Liga Champions Eropa. Namun demikian, ada cukup banyak pemain dan klub yang berhasil ‘menaklukan’ kompetisi tahunan ini dan nama mereka tercatat dalam daftar rekor Liga Champions Eropa berikut ini.

Sejumlah Rekor Top di Liga Champions Eropa

  • Rekor Juara Terbanyak

Real Madrid, raksasa La Liga Spanyol Eropa tersebut masih memegang rekor gelar Liga Champions Eropa terbanyak dalam sejarah. Sepanjang kesertaan mereka di ajang tahunan ini, klub berjuluk Los Blancos berhasil memenangkan tak kurang dari 13 gelar juara. Dari 13 gelar juara tersebut, enam diantaranya diraih pada era European Cup, bahkan lima dari enam gelar tersebut dimenangkan Los Blancos secara beruntun. Sedangkan terakhr kali mereka memenangkan gelar Liga Champions di Musim 2017/18 kemarin.

Rekor Juara Terbanyak Liga Champions Real Madrid

Sebagai tim dengan jumlah juara terbanyak di Liga Champions, beberapa pemain andalan Real Madrid seperti Lucas Modric, Sergio Ramos dan Benzema sering sekali menghabiskan banyak uang dengan cara berpesta dan bahkan Ramos sempat menghabiskan bonus dari hasil menjuarai Liga Champions tersebut dengan membeli mobil sports keren dan mewah yaitu Lamborghini Veneno.

Mobil sport mewah tersebut menjadi bahan perhatian media masa di Spanyol ketika Ramos mengendarainya. Lamborghini Veneno sendiri merupakan mobil sport berbagan carbon fibe pada bodynya dan memiliki kecepatan maksimal 355 km/jam.

  • Rekor Penampilan Terbanyak

Iker Casillas, mantan penjaga gawang Real Madrid ini adalah pemegang rekor penampilan terbanyak dalam sejarah Liga Champions Eropa. Terhitung sejak debutnya bersama Real Madrid pada kompetisi tahunan ini di tahun 1999, sampai sekarang masih aktif bermain untuk klub Portugal, FC Porto, yang bersangkutan sudah mengoleksi 175 penampilan. Cristiano Ronaldo berada di peringkat kedua dalam daftar ini, sebagaimana bintang baru Juventus itu telah mencatat 160 penampilan.

  • Rekor Gol Terbanyak

Cristiano Ronaldo, berhasil bertahan di puncak klasemen top skorer sepanjang masa di ajang Liga Champions Eropa, mengungguli rival abadinya, Lionel Messi yang berada di urutan ke-2. Sejak debutnya bersama Manchester United di tahun 2003 silam, faktanya Bintang Portugal ini telah mengoleksi tak kurang dari 124 gol dari total 160 penampilan. Gol terbanyak yang diciptakan Ronaldo adalah saat bersama Real Madrid, dimana dia sukses mencetak 109 gol.

  • Rekor Pelatih Dengan Gelar Juara Banyak
Rekor pelatih Carlo Ancelotti di Liga Champions

Carlo Ancelotti, mantan pelatih sukses AC Milan ini berhasil memegang rekor pelatih dengan gelar juara Liga Champions Eropa sepanjang sejarah, dengan tiga gelar yang telah dimenangkan, dua diantaranya saat menukangi AC Milan, sementara satu gelar lagi dimenangkan saat menukangi Real Madrid. Ada beberapa pelatih yang juga berhasil memenangkan tiga gelar Liga champions Eropa antara lain, Zinedine Zidane dan Bob Paisley.

  • Rekor Juara Beruntun

Real Madrid, sepertinya raksasa La Liga Spanyol ini memang layak disebut sebagai raja Liga Champions Eropa, pasalnya yang bersangkutan tak hanya menjadi tim dengan 13 gelar juara Liga Champions, tapi juga berhasil mencatat rekor sebagai tim pertama yang memenangkan gelar Liga Champions Eropa di tiga edisi beruntun. Rekor itu dicatat Real Madrid, dibawah arahan Zinedine Zidane, pada musim 2015/16, 2016/17 dan 2017/18.

  • Rekor Pemain Dengan Gelar Terbanyak

Francisco Gento, atau Paco Gento, merupakan legenda Real Madrid yang mencicipi enam gelar juara Liga Champions Eropa bersama degan raksasa La Liga Spanyol tersebut di Era European Cup, lima diantaranya dimenangkan secara beruntun. Dengan catatan itu, Gento jadi pemain pertama dan satu-satunya yang memenagkan enam gelar Liga Champions Eropa.